Selamat pagi anak sholih dan sholihah, apa kabarnya hari ini? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita akan kembali belajar secara daring. Semua materi pembelajaran akan Ibu guru sampaikan di sini.
Sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu dengan mandi, sarapan, sholat dhuha dan murojaah serta berdoa.
Capaian Pembelajaran :
Membaca dan Mengamati: Menemukan dan mengidentifikasi informasi pada gambar.
Membaca: Membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari.
Menulis : Menuliskan kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.
Menulis: Menuliskan kata sederhana yang sering ditemui sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran Bab Ini :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang lingkungan dan pekerja di sekitar rumah,
peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang sering ditemui.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Amati gambar di atas, ya. Lalu bantu Ibu guru untuk menjawab pertanyaan di bawah ini secara lisan.
1. Dapatkah kalian menemukan Bayu dalam gambar itu? Tunjukkan rumahnya.
2. Apa saja yang kalian lihat di sekitar rumah Bayu?
3. Tunjukkan sekolah Bayu.
4. Suasana di sekitar rumah Bayu ramai atau sepi?
5. Berilah saran jalan aman untuk dilalui Bayu ke sekolah.
Setelah mengamati gambar di atas dan menjawab pertanyaan di atas, kalian telah dapat mengamati sebuah gambar dengan baik.
Selanjutnya tahukah kalian dengan perbedaan sebelah kanan dan kiri?
Perhatikan gambar di bawah ini!
Pada gambar di atas, yang sebelah kanan menunjukkan gambar apa ya?
ya di sebelah kanan itu menunjukkan gambar gubuk.
Lalu yang ssebelah kiri menunjukkan gambar?
Ya di sebelah kiri mmenunjukkan gambar rumah.
Nah sekarang anak sholih dan sholihah Ibu guru sudah hebat menunjukkan perbedaan gambar di sebalah kanan dan kiri.
Di sekitar kita itu ada banyak hal yang bisa kita amati, baik di sekitar rumah, di kelas, atau di sekitar kamar kita. Ada banyak benda atau barang yang terdapat di sekitar kita, misalkan terdapat baju di dalam lemari, terdapat bantal dan guling di atas temapt tidur, dan terdapat gas di bawah meja kompor di dapur. Hal-hal tersebut harus kita fahami dan anak-anak Ibu guru bisa menyebutkannya dengan benar.
Nah agar lebih memahaminya, silahkan kerjakan latihan di bawah ini, dengan cara menuliskannya di buku latihan Bahasa Indonesia menggunakan huruf tegak bersambung!
Perhatikan gambar di bawah ini!
Setelah mengamati gambar di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Ada bola di .............. kotak.
2. Ada kucing di .............. tempat tidur.
3. Ada bantal di .............. tempat tidur.
4. Ada mobil-mobilan di .............. kotak.
5. Ada lampu di ................. meja.
Mata Pelajaran : Matematika
Hari/Tanggal : Senin/ 05 Mei 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema: 7/ Mengukur Panjang Benda
Materi Pembelajaran : Membandingkan dan Mengurutkan Panjang Benda
Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.
Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Peserta didik dapat embandingkan panjang dari dua benda
2. Peserta didik dapat mengurutkan benda berdasarkan panjang benda
3. Peserta didik dapat mengestimasi panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku
4. Peserta didik dapat mengukur panjang benda menggunakan objek lain dalam satuan tidak baku
Ayo Amati gambar dibawah ini!
Kita dapat membandingkan panjang benda.
Kita menggunakan kata:
• lebih panjang
• lebih pendek
• paling panjang
• paling pendek
Ayo Kerjakan dibuku tulis kalian yaa nakk…
1. Pensil yang paling panjang adalah…
2. Pensil hijau lebih pendek dari pada pensil….
3. Pensil merah lebih pendek dari pensil…
4. Pensil yang paling pendek adalah…
5. Pensil biru lebih panjang dari pada pensil….
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Senin/ 05 Mei 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema:4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar
Materi Pembelajaran : Aku Cinta Lingkungan Sekitar
Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerjw sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.
• Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.
• Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..
Aku cinta lingkungan sekitar
Mencintai lingkungan sekitar adalah sikap yang menunjukkan rasa sayang terhadap lingkungan hidup di sekitar. Sikap ini harus ditanamkan sejak dini agar menjadi kebiasaan.
Contoh prilaku yang menunjukkan mencintai lingkungan sekitar :
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Menanam pohon dan merawatnya dengan baik
3. Menghemat penggunaaan air
4. Menghemat penggunaan listrik
5. Tidak melakukan pembakaran
Gotong royong adalah budaya Indonesia, dengan bergotong royong pekerjaan jadi lebih cepat selesai, yuk kita simak foto dibawah ini contoh dari gotong royong.
Soal latihan
Petunjuk :
1. Lihatlah gambar di bawah ini
2. Peserta didik dapat membuat cerita yang sesuai dengan gambar di bawah ini

PENUTUP
Demikian pembelajaran hari ini, jika kalian telah selesai mengerjakan latihan di atas, silahkan minta bantuan orang tua untuk dapat mengirimkan foto hasil latihan ke aplikasi WA Ibu guru. Terima kasih atas kerjasamanya hari ini, kalian hebat telah melaksanakan pembelajaran dengan baik.
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran daring hari ini berjalan dengan lancar dan baik, anak-anak sangat antusias mengikuti pembelajaran daring dan sudah mengerjakan tugas dengan baik yang dikumpulkan via aplikasi WA ke ibu guru🙏🏻🤗