Senin, 05 Mei 2025

Materi Ajar, Selasa 06 Mei 2025

Mata Pelajaran : Matematika

Hari/Tanggal : Selasa/ 06 Mei 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema: 7/ Mengukur Panjang Benda

Materi Pembelajaran : Membandingkan dan Mengurutkan Panjang Benda



Capaian Pembelajaran (CP) :


Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.

Tujuan Pembelajaran (TP):

1.         Peserta didik dapat embandingkan panjang dari dua benda

2.         Peserta didik dapat mengurutkan benda berdasarkan panjang benda

3.         Peserta didik dapat mengestimasi panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku

4.      Peserta didik dapat mengukur panjang benda menggunakan objek lain dalam satuan tidak baku


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:



“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”

B. Mengukur Panjang Benda

Malosi adalah siswa paling tinggi.
Menurut kalian, berapa kira-kira tinggi badan Malosi?

 Kita bisa mengukur tinggi badan Malosi. 
 Kita bisa mengukur panjang benda. 
 Kita bisa mengukurnya menggunakan benda di bawah.







Cara mengukur yang benar:
 1. Mulai dari ujung benda. 
 2. Alat ukur rapat. 
 3. Alat ukur tidak bertumpuk. 
 4. Alat ukur tidak miring. Panjang meja adalah 4 sedotan

Bagimana cara mengukur meja dengan jengkal tangan?
SOAL LATIHAN :





PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anaknyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari inI?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Mata Pelajaran : Seni Rupa

Hari/Tanggal : Selasa, 06 Mei2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema :5/ Bentuk Natural

Materi Pembelajaran : Bentuk Dedaunan


Capaian Pembelajaran (CP) :

    1. Mengalami

    Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

    1. Menciptakan

    Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar.

    1. Merefleksikan

    Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata  sehari-hari.



Tujuan Pembelajaran (TP) : 

Dengan mengamati gambar berbagai jenis daun, peserta didik diharapkan mampu memahami perbedaan antara bentuk natural dan bentuk buatan manusia dengan baik.


Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar  mata pelajaran Seni Rupa tentang ‘Bentuk Dedaunan’.

C. Bentuk Dedaunan

Dina suka tanaman.

Dina rajin menyiram tanaman.

Sambil menyiram, Dina mengamati daunnya.

Bentuk daun tanaman berbeda-beda.

Semua bentuk daun tampak indah.


Di sekitar kita banyak tanaman.

Ada tanaman hias.

Ada tanaman buah.

Ada tanaman sayur.


Tuhan menciptakan tanaman dengan bentuk daun yang berbeda-beda.

Bentuk daun termasuk bentuk natural.

Bentuk daun memiliki nilai keindahan.

Keindahan bentuk daun dapat dibuat karya seni.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikumsalam wr.wb

Kesimpulan Akhir Pembelajaran :

Alhamdulillah pembelajaran seni rupa hari ini tentang “bentuk daun”  semua siswa dapat memahami dengan baik.


Alhamdulillah, dari 24 siswa pembelajaran seni rupa tentang “bentuk daun” berjalan dengan baik dan lancar, namun masih ada 2 siswa yang belum dapat memahaminya.