HARI/TANGGAL : Kamis/ 08 MEI 2025
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
Assalaamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2024/2025
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa.
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu Aksi ke 2 meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik
🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.
Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan, tasbih. Oleh karena itu peserta diharapkan dapan menyiapkan bahan2 di bawah ini:
Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut:
1. Manik2
2. Benang
3. Gunting
Simak video berikut ini : https://youtu.be/mqMWPaXmAUM?si=aI6m0pg77hPlwoUm
Berikutnya tahapan dalam meronce.
1. Meronce berdasarkan warna
2. Meronce berdasarkan bentuk
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
Mata Pelajaran : PAK
Hari/Tanggal : Kamis/ 08 Mei 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Materi Pembelajaran : Jujur, mandiri, tanggung jawab dan berani
Assalaamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa.
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran PAK dengan materi pembelajaran Jujur, mandiri, tanggung jawab dan berani.
1. Jujur
Jujur adalah sikap lurus hati, tidak curang, dan menyatakan yang sebenarnya. Jujur juga bisa diartikan sebagai kesesuaian antara niat, ucapan, dan perbuatan seseorang.
Berikut ini beberapa ciri-ciri orang yang jujur:
• Bertekad untuk melakukan sesuatu berdasarkan kebenaran dan kemaslahatan
•Tidak berbohong
•Apa yang dikatakan hatinya sama dengan apa yang dilakukannya
2. Mandiri
Mandiri berarti kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Seseorang yang mandiri juga mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.
Ciri-ciri orang yang mandiri, antara lain:
• Memiliki inisiatif dan kreati
• Mampu Bertanggung jawab
• Mampu menahan diri
• Mampu membuat keputusan sendiri
• Mampu mengatasi masalah tanpa pengaruh orang lain
3. Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah kesadaran seseorang untuk menanggung segala akibat dari perbuatannya dan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh
4. Berani
Keberanian merupakan salah satu sifat yang penting dimiliki karena dapat membantu mencapai hal-hal luar biasa. Sifat ini dapat dibentuk dengan membuat suasana yang kondusif sehingga seseorang merasa nyaman dan lebih percaya diri
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Kamis/ 08 Mei 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema: 8/ di Sekitar Rumah
Materi Pembelajaran : Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
Capaian Pembelajaran (CP):
· Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
· Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru an/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
· Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
· Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat
sederhana
Tujuan Pembelajaran (TP) :
· Menyimak
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang lingkungan dan pekerja di sekitar rumah, peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang sering di temui.
· Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata yang sering di temui
· Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:
BAB 8DI SEKITAR RUMAH
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Guru akan membacakannya.
1. Warnailah gambar sungai.
2. Lingkarilah gambar gubuk di sawah.
3. Gambarlah segitiga di dekat jembatan. 4. Ada berapa rumah pada gambar?
5. Ada berapa pohon pisang di sawah?
Sekarang, tuliskan.
1. Gambar apa yang ada di sebelah kiri? __________
2. Gambar apa yang ada di sebelah kanan? _________
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baikApakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anaknyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari inI?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb