HARI/TANGGAL : Jum’at/ 09 Mei 2025
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
ASSALAAMUALIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH
Selamat pagi anak sholih dan sholihah, apa kabarnya hari ini? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita akan kembali belajar secara daring. Semua materi pembelajaran akan Ibu guru sampaikan di sini.
Sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu dengan mandi, sarapan, sholat dhuha dan murojaah serta berdoa.
Baiklah marilah kita simak materi pembelajaran hari ini
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu Aksi ke 4 meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik
🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.
Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan, tasbih. Oleh karena itu peserta diharapkan dapan menyiapkan bahan2 di bawah ini:
Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut:
1. Manik2
2. Benang
3. Gunting
Simak video berikut ini :
Berikutnya tahapan dalam meronce.
1. Meronce berdasarkan warna
2. Meronce berdasarkan bentuk
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
PENUTUP
Nah demikian tadi adalah materi pembelajaran kita hari ini. Tugas anak sholih dan sholihah hari ini adalah membaca dan mamahami materi pembelajaran hari ini.
Jangan lupa rapikan kembali alat tulis kalian dan berdoa. Kita lanjutkan pembelajaran besok dengan lebih semangat.
Wasalaamualikum warohmatullohi wabarokatuh