Minggu, 03 November 2024

Materi Ajar, Senin 04 November 2024

 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia                    

Hri/Tanggal : Senin/04 November  2024        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:3/ Ayo Bermain

Materi Pembelajaran : Menyimak dan Menanggapi bacaan



Capaian Pembelajaran (CP) :

·          Menyimak

1.      Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.

2.       Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu  memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

·          Membaca dan Memirsa

1.   Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 

2.   Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 

3.   Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

·          Berbicara dan Mempresentasikan

1.   Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2.    Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 

3.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan

·          Menulis

1.   Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2.    Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

            Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan  dengan             beberapa kalimat sederhana.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang cara menjaga kebersihan diri, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’

Tujuan Pembelajaran (TP) :

1.    Melalui kegiatan menjawab pertanyaan terhadap teks “Awas Kuman!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menjelaskan simpulannya dengan benar.

2. Melalui kegiatan melengkapi kalimat sederhana dengan gambar atau kata, peserta didik mampu     
    
menggambarkan gagasan terkait ide pokok bacaan dengan baik

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Minggu kemarin kita sudah belajar tentang Kuman dan Kata yang berawalan dari suku kata Ka Ki Ku Ke Ko.
Ibu ulangi sedikit tentang materi di Unit 3 ini ya anak-anak sholeh dan sholeha dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan 
guru di bawah ini. 
Cuci tangan perlu dilakukan 
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air 
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh 
makanan;
• sepulang dari bepergian 
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 
Kalian bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu ini.
Ikuti guru, ya. 

Cuci Tangan
Ayo kita cuci tangan
Gunakan sabun tangan
Basahi telapak tangan
Kemudian punggung tangan
Jangan lupa sela jarimu. 

1. Kalian telah belajar membaca kata-kata yang memiliki suku 
kata ‘ku-‘. Sekarang, bacalah beberapa suku kata berikut.


2. Temukan dan bacalah suku kata ‘ka-‘, ‘ki-‘, ‘ku-‘, ‘ke-‘, ‘ko-‘ 
dalam nama-nama binatang di bawah ini. Tandai suku kata 
yang diawali dengan huruf ‘k,’ ya.
         D?

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

 

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Mata Pelajaran : Matematika
Hari/Tanggal : Senin/04 November 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : 3/Pengurangan Sampai dengan 10
Materi Pembelajaran : Cerita Pengurangan

Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau manipulatif lainnya; 
Peserta didik mampu menggunakan berbagai strategi pengurangan (menghitung mundur, pasangan bilangan (number bond), pengurangan dengan 10);
Peserta didik mampu menunjukkan fakta hubungan antara operasi penjumlahan dan pengurangan;
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan dengan satu langkah penyelesaian.


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.” 

Hari ini kita belajar pengurangan ya, yukk perhatikan ibu guru...



Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan tugas dibawah ini....




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Kesimpulan: Alhamdulillah anak-anak hari ini melakukan pembelajaran dengan baik dan lancar, pada pembelajaran unit 3 ini siswa kelas 1c sudah bisa menuliskan kata kakikukeko, lalu pada pembelajaran matematika hanya 2 dari 25 siswa yang masih perlu bimbingan dalam mengerjakan soal cerita pengurangan.