Mata Pelajaran Hari ini Bahasa Indonesia, Matematika & Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Senin/12 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Senin/12 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak :
Peserta didik mampumemahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa :
1. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
2. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan atau kosa kata Bahasa Indonesia serapan dari Bahasa Daerah dari teka yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Menulis:
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar diatas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri
Menyimak :
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Membaca dan Mengamati :
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
BERBICARA
Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’. Lihat dua gambar di bawah.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Pasar mana yang terlihat sibuk?
2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?
3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk?
Hari/Tanggal : Senin/ 12 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Menghitung maju dan mundur
Materi Pembelajaran : Menghitung maju dan mundur bilangan
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10
Tujuan Pembelajaran :
Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu kumpulan, peserta didik dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10.
Memahami urutan bilangan 1 - 10.
Diminggu kemarin kita sudah belajar tentang menghitung maju dan mundur maka di minggu ini kita akan melanjutkan belajar tentang materi menghitung maju dan menghitung mundur, yukkk kita belajar bersama.....
Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaaa
Hari/Tanggal : Senin/ 12 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Aku Cinta Pancasila/ Garuda Pancasila
Materi Pembelajaran : Lambang Negara Indonesia
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik mengenal bendera negara, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila,
Tujuan Pembelajaran :
Melalui kegiatan mengamati dan menyimak cerita bergambar, peserta didik dapat menunjukkan sikap sesuai nilai Pancasila sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta meceritakan kegiatan nya.
Hari ini kita akan belajar pendidikan Pancasila, apakah sudah ada yang tahu lambang Negara Indonesia apa? Jika belum yukkk kita belajar bersama...
Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
KESIMPULAN
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan drngan baik dan lancar, dimatapelajaran Bahasa Indonesia anak-anak kelas 1C rata-rata sudah bisa menuliskan kata dan menjawab soal yang ibu guru berikan, sebagian sudah lancar dalam menghitung maju dan mundur dalam pembelajaran matematika, dan dalam mata pembelajaran pendidikan pancasila sebagian sudah paham jumlah helai bulu setiap bagian yang ada diburung garuda.