Selasa, 09 September 2025

Materi Ajar, Rabu 10 September 2025

Materi Ajar Matematika dan Pendidikan Pancasila

Unit                          : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Hari / Tanggal        :  Rabu / 10 September  2025

Kelas                 : 2 Abu Hurairah

Mata Pelajaran : Matematika

Materi                : Pengurangan


CP                         :  

Pada akhir Fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 100 menggunakan gambar. Contoh: Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)
 

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Baik, hari ini kita akan belajar Matematika tentang Pengurangan bersusun tanpa meminjam. Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa memahami cara mengurangkann dua bilangan.

 Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Jika sudah, berikut materi pembelajaran Matematika yang akan kalian pelajari hari ini.

Pengurangan Bilangan 2 Angka 

Sinta dan temannya mengambil 38 stroberi. Mereka makan 12 buah di antaranya. Berapa buah stroberi yang tersisa?

Kalimat matematikanya : 38 - 12



Pengurangan Bilangan yang Lebih dari 100
Di kelas, Bu Guru memiliki 129 lembar kertas berwarna. Kami menggunakannya 73 lembar di antaranya. Ada berapa kertas yang tersisa? 

Kalimat matematika. 129 - 73

Ayo, kita pikirkan cara untuk mengurangkannya



Bagaimana mengurangkan bilangan berikut ini dengan cara bersusun?

Jika sudah selesai matematikanya, kita lanjutkan ke pelajaran Pendidikan Pancasila ya Nak..

Dimana Ibu Guru harapkan kalian nantinya bisa mengenali lima simbol Pancasila dalam Garuda Pancasila dengan tepat.

 

Materi                                  :  Penerapan Sila-Sila Pancasila

CP                                           : Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

TP                                :  Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, siswa dapat memahami penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.






Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb