Senin, 04 Agustus 2025

Materi Ajar, Selasa 05 Agustus 2025

 MATERI AJAR

MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA

 

 

Hari / Tanggal                 :  Selasa / 5 Agustus 2025

Kelas                                 :  2 Abu Hurairah

Materi                               :  Bilangan yang Lebih Besar dari 100

CP                                    : Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.

TP                                :  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

1.    Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

2.    Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

3.    Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.

 

 

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.


·         Memperhatikan susunan dan nilai tempat bilangan 3 angka.

·         Bagi anak yang kurang memahami soal ini, gunakan bagan nilai tempat agar anak dapat memahami nilai tempat .

·         Pikirkan ada berapa banyak lompatan.

·         Perhatikan barisan bilangan yang diberikan lalu cari tahu bagaimana perubahannya.

·         Temukan bahwa nomor 1 adalah 1 lompatan, nomor 2 dari 870 menjadi 880 adalah 10 lompatan, dan nomor 3 dari 700 menjadi 800 adalah 100 lompatan. Juga perhatikan nomor 4 dari 598 menjadi 597 adalah urutan bilangan yang berkurang 1.

·         Tuliskan setiap bilangan yang bersesuai dengan tanda panah tersebut di buku siswa.

 

Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperhatikan dan memahami bahwa bilangan pada skala tersebut diperoleh dengan menggunakan metode lompatan 10.

Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Kesimpulan: Alhamdulillah anak-anak sudah mulai memahami perbandingan bilangan, kita lanjutkan besok yaa nak materinyaa..