Selasa, 22 Juli 2025

Materi Ajar, Rabu 23 Juli 2025

 Hari / Tanggal                   :  Rabu/  23 Juli 2025

Fase/Kelas                         :  A/ 2 Abu Hurairah

Mata Pelajaran                 :  Matematika

Bab 1                                  :  Bilangan 1 sampai dengan 100


CP                                :  Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


TP                                        :  


1.  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

2.  Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

3.  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

4. Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.


Media                        :  Kartu Bilangan

 

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Hari ini, adalah hari kedua kegiatan aktif pembelajaran di semester 1. Ibu guru harapkan, kalian bisa lebih bersemangat dan bahagia dalam melaksanakan pembelajaran selama 1 semester ya sayang..

 

Baik, hari ini kita akan belajar Matematika dengan materi  Bilangan 1 sampai dengan 1.000. Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan, dapat membilang dengan mengelompokkan benda.

 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Jika sudah, berikut materi pembelajaran Matematika yang akan kalian pelajari hari ini.

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^


1.       Ada berapa benih padi? (bisa diganti dengan manik-manik atau yang lain)

2.   Memikirkan cara membilang banyaknya kue dan benih padi pada halaman 3, 4, dan 5. Berikan kesempatan peserta didik memperkirakan banyaknya benih padi dan kue.

3.    Memikirkan cara membilang banyaknya benda.

4.   Praktek membilang benda konkret seperti benih padi, dapat dibuat menjadi kegiatan kelompok dan pastikan banyaknya benda tersebut tidak lebih dari 1.000.

5.  Jika kegiatan di atas dilakukan, kegiatan membilang banyaknya kue pada halaman 4 dan 5 dihilangkan. Untuk selanjutnya, pembelajaran dilanjutkan dengan mengganti benda konkret tersebut dengan benda semi konkret seperti balok satuan.


Bilangan yang Lebih Besar dari 100

Ada berapa banyak kue seluruhnya?


Mari kita hitung banyak kue tersebut dengan metode hitung lompat 2, 5 atau 10!

Kemudian, kalian kumpulkan kue setiap 10 potong dan dijadikan kelompok-kelompok yaa Nak…

Agar tidak ada yang salah saat membilang, silahkan kalian catat di buku.

 

Naahh… bagaimana mudah bukan?

Ternyata, membilang dengan mengumpukan terlebih dahulu lebih mudah daripasa membilang satu per satu.

 

Sekarang, kelompok puluhan yang telah kalian bentuk, kita kumpulkan kembali menjadi satu, sehingga membentuk ratusan. Saat membilang banyak benda, lakukan pengumpulan menjadi puluhan yang akan mempermudah proses membilang. Jika 10 buah puluhan itu digabungkan akan menjadi ratusan, maka proses membilang akan menjadi semakin mudah.

 

Bagaimana anak-anak, apakah sudah bisa menentukan bilangan yang lebih dari 100?

Jika sudah, mari kita berlatih!

 

 1.       Angka 232 dibaca ….


 2.       Bilangan tiga ratus Sembilan puluh lima ditulis dengan ….

3.  


4. Jumlah kelereng  di atas adalah ….

 



Mata Pelajaran          :  Pendidikan Pancasila

Bab 1                           :  Pancasila Dasar Negara

CP                             :  Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

TP                                  : Murid mampu mengenali warna dan bentuk bendera Negara Indonesia serta menjelaskan makna warna merah dan putih sebagai lambang negara.


Selanjutnya adalah pelajaran Pendidikan Pancasila ya Nak…

Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa memahami bendera Negara Republik Indonesia melalui tampilan video pelaksanaan upacara bendera.

 Bendera sebagai identitas sebuah negara. Bendera Indonesia terdiri dari warna merah dan putih dimana merah menggambarkan keberanian serta putih melambangkan kesucian. Selain itu warna merah juga melambangkan raga manusia, sementara warna putih melambangkan jiwa dari manusia.

 

Lagu Bendera Merah Putih

Ciptaan Ibu Sud

 

Bendera merah putih

Bendera tanah airku

Gagah dan jernih tampak warnamu

Berkibarlah di langit yang biru

Bendera merah putih

Bendera bangsaku

Bendera merah putih

Pelambang berani dan suci

Siap selalu kami berbakti

Untuk bangsa dan Ibu Pertiwi

Bendera merah putih

Terimalah salamku

 

Berikut link lagunya ya sayang…

https://www.youtube.com/watch?v=QmbDaxJD9vo

Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.