Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Senin/ 19 Mei 2025Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema:5/ Aku Suka Begotong-royong
Materi Pembelajaran : Aku Suka Bergotong-royong
Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap konsisi orang lain.
• Membandingkan pekerjaaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..Selamat Pagi anak shalih dan shalihah..Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”
BAB 5
Aku Suka Bergotong-royong
Gotong-royong di Keluargaku
Namaku Ayu.
Aku tinggal dengan ayah dan ibu.
Rumahku selalu bersih dan rapi.
Kami menjaga bersama-sama menjaga kebersihan.
Kebersihan rumah tanggung jawab bersama.
Kami bergotong royong membersihkan rumah.
Ibu menyiram bunga.
Ayah memotong dahan dan ranting.
Aku mencabut rumput.
Adik membuang sampah.
Kami melakukannya bersama-sama.
Pekerjaan menjadi ringan.
Pekerjaan juga cepat selesai.
Gotong royong adalah melakukan pekerjaan bersama-sama.
Gotong royong berarti hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
Dengan gotong royong pekerjaan sulit menjadi mudah.
Pekerjaan berat menjadi ringan.