Rabu, 21 Mei 2025

Materi Ajar, Kamis 22 Mei 2025

 HARI/TANGGAL    : KAMIS, 22 Mei  2025

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)



Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2024/2025. 
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu Aksi ke 2 meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik

🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.

Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan, tasbih. Oleh karena itu peserta diharapkan dapan menyiapkan bahan2 di bawah ini:

Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut: 

1. Manik2
2. Benang
3. Gunting 




Simak video berikut ini : 

Berikutnya tahapan dalam meronce.
1. Meronce berdasarkan warna 
2. Meronce berdasarkan bentuk 
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran

Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 

Terimakasih 
Wassalaamualaikum Wr Wb 


Mata Pelajaran : Pendidikan Anti Korupsi (PAK) 

Hari/Tanggal : Kamis/ 22 mei 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Materi Pembelajaran : Bersungguh-sungguh dalam Belajar
 

Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran PAK dengan materi aku bersungguh-sungguh dalam belajar.

Aku Bisa Menulis


 Maya sekolah di Sekolah Dasar (SD).

 Ia sekarang duduk di kelas satu.

Maya senang sekali mempunyai banyak teman.

Guru kelas Maya bernama bu Tika.

Maya duduk sebangku dengan Dina.

Mereka sudah kenal waktu masa sekolab taman kanak-kanak.


Sudah seminggu ini Maya merasa gelisah karena menulis tegak bersambung, karena menulis tegak bersambung sangatlah sulit bagi Maya.

Pada minggu kemarin dia tidak masuk sekolah karena sakit.

Hari ini Maya sudah masuk sekolah dan ada pelajaran Tematik menyalin tulisan tegak bersambung.

“Aduh sulit sekali menulis huruf tegak bersambung” Maya tidak bisa rapi menulisnya.

 Maya mencoba berkali-kali tapi tulisannya belum rapi dan benar.

Maya kebingungan, ia bertanya pada Dina teman sebangkunya.

Ternyata Dina pun belum bisa.

“Bu bagaimana cara menuliskan kalimat ini?” Maya memberanikan diri bertanya.

“Oh begini Maya, pegang pensilmu dengan benar, perhatikan garisnya jangan sampai keluar garis dan pelan-pelan saja” Bu Tika menjelaskan dengan sabar.

Maya mulai menulis tegak bersambung pelan-pelan, ia mengulang tulisannya.

“Bagaimana Maya, sudah bisa belum?” Tanya Ibu Tika.

 “Sebentar bu, saya masih agak bingung” Jawab Maya.


Setelah mencoba beberapa kali sekarang Maya sudah bisa menulis dengan benar dan rapi. “Yes aku bisa” tak sadar Maya teriak kegirangan. Dina senang Maya sudah bisa menuliskan tegak bersambung. Dina pun minta ajari oleh Maya.

Ia mengajari Dina dengan sepenuh hati. 

Bu Tika menyuruh Maya menulis tegak bersambung di papan tulis.

Dengan percaya diri Maya maju ke depan kelas untuk menulis kalimat dengan tegak bersambung.


Tugas !

Jawablah soal di bawah ini :

  1. Siapa yang kesulitan menulis tegak bersambung?
  2. Apakah Maya termasuk anak yang malas? 
  3. Jika kamu kesulitan menulis tegak bersambung, apa bisa kamu lakukan?
  4. Siapa yang mengajari Maya menulis tegak bersambung?
  5. Apakah Maya anak yang sungguh-sungguh dalam belajar?

Silahkan dikerjakan di buku tulis PAK, menggunakan tegak bersambung, dan di kumpulkan ketika masuk sekolah ya sholih sholiha, semangat mengerjakan tugas🥰🙏🏻


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikumsalam wr.wb



Kesimpulan 
Alhamdulillah anak-anak Sholih dan Sholihah sudah mengerti materi yang ibu guru berikan yaitu materi "Ronceku Kreativitasku".
Dari 24 siswa Alhamdulillah hanya 1 yang perlu bimbingan, semangat trus yaa sayang ☺️