Sabtu, 24 Mei 2025

Kisi-kisi SAS, Senin 26 Mei 2025

 KISI-KISI SAS

Hari/ Tanggal : Senin/26 Mei 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1 

Mata Pelajaran SAS : Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Indonesia 

Assalamu'alaikum wr.wb


     
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk SAS hari ini? 

Sebelum memulai  jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..

Mari kita mulai SAS  hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”

1. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Silahkan anak sholeh sholeha untuk mempelajari kisi-kisi Pendidikan Agama Islam melalui bloger Abi Ani Jailani ya, berikut bloger Abi🥰

https://aljailani91.blogspot.com/2025/05/kisi-kisi-soal-sumatif-akhir-semester.html

2. Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia 

BAB 5 : BUNYI APA?

Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman

SIAP-SIAP BELAJAR

Amati gambar di atas. Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaanberikut

1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?

2. Berada di mana mereka

3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?








Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini

1. Siapa nama teman baru Mimi?

2. Mengapa Mimi malu dengan Maya? 

3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-temanbarunya

4. Apakah kalian pernah malu seperti Mimi?

5. Sebutkan nama teman-teman kalian!


MEMBACA 


MEMBACA 

Apakah kalian tahu nama-nama binatang dan benda di bawahini

Bacalah bersama guru. 

Dapatkah kalian melihat suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-’, ‘me-’, ‘mo-’? 

Tunjukkan kepada guru, ya




MENULIS

Apa suku kata yang hilang pada nama benda-benda iniya

Ayo, kalian lengkapi


BAB 6 : BERBEDA ITU TAK APA 
Materi Pembelajaran : Menghargai Perbedaan 
MENGAMATI

Amati gambar ini dengan baik.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan di halaman selanjutnya.

Wah, banyak sekali anak di kantin itu.
Ada anak laki-laki, ada anak perempuan. Ada yang berambut lurus, ada yang keriting. Ada yang berkacamata.
Sekarang, hitung jumlah anak dalam gambar. Hubungkan angka yang sesuai dengan jawaban kalian.



Sekarang, jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Sedang apa anak-anak pada gambar di atas? 2. Ada di mana mereka?

3. Berapa anak yang duduk di kursi roda?

4. Teman-teman kalian di kelas pasti juga berbeda-beda. Adakah teman kalian yang berkacamata?

Adakah yang berambut lurus?

Adakah yang berambut keriting?

Hitung jumlahnya, lalu cocokkan dengan teman, ya.


BAB 7 : AKU INGIN
              Materi Pembelajaran : Membedakan Keinginan dan Kebutuhan 

MENYIMAK





















 Apakah kalian suka ceritanya? 
 Dengarkan pertanyaan-pertanyaan guru di bawah ini, lalu jawablah. 
 1. Siapa nama anak pada cerita di atas? 
 2. Apa yang diinginkan anak itu? 
 3. Apakah anak itu bisa mendapatkan apa yang diinginkannya? 
 4. Apa yang dilakukan anak itu untuk mendapatkan yang diinginkannya? 
 5. Apakah kalian juga pernah melakukan hal yang sama?



BAB 8 : DI SEKITAR RUMAH

Materi Pembelajaran : Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar 



TUGAS :
Jawablah soal berikut 

1. Dapatkah kalian menemukan Bayu dalam gambar itu? Tunjukkan rumahnya.
2. Apa saja yang kalian lihat di sekitar rumah Bayu? 3. Tunjukkan sekolah Bayu.
4. Suasana di sekitar rumah Bayu ramai atau sepi?
5. Tunjukkan jalan yang dilalui Bayu untuk pergi ke sekolah.


DI SEKITAR RUMAH



Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Guru akan membacakannya.
1. Warnailah gambar sungai.
2. Lingkarilah gambar gubuk di sawah.
3. Gambarlah segitiga di dekat jembatan. 4. Ada berapa rumah pada gambar?
5. Ada berapa pohon pisang di sawah?



Sekarang, tuliskan.
1. Gambar apa yang ada di sebelah kiri? __________
 2. Gambar apa yang ada di sebelah kanan? _________

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia mengerjakan soal SAS hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?  
Alhamdulillah jika anak-anak sudah mengerjakan soal SAS  dengan perasaan yang bahagia hari ini🥰
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb