Selasa, 27 Mei 2025

Kisi-Kisi SAS, Rabu 28 Mei 2025

   KISI-KISI SAS

 Hari/ Tanggal : Rabu/28 Mei 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
Mata Pelajaran SAS : Matematika dan Seni Rupa

Assalamu'alaikum wr.wb
     
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk SAS hari ini? 

Sebelum memulai  jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..

Mari kita mulai SAS  hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”

1. Mata Pelajaran : Matematika 

BAB 5
Ayo Membilang sampai dengan 20

1. Peserta didik mengamati gambar


2 Ibu Guru mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar.

a. Berapa kelereng yang kalian lihat? 

b. Bagaimana cara kalian menghitungnya?


3. Peserta didik mengamati Tabel 5.1 Bilangan 11 sampai dengan 15 untuk

mengonirmasi hasil temuannya pada eksplorasi awal



4. Peserta didik menghitung kelompok benda yang ada di taman bermain. Ibu Guru akan memberikan contoh cara menghitung banyak benda satu per satu.

5. Peserta didik mengamati gambar banyak benda dan lambang bilangannya.


Minggu kemarin kita sudah belajar berhitung maju dan mundur, minggu ini kita belajar tentang  Nilai Tempat. 
Peserta didik mengamati gambar dan mendengarkan apa yang ibu guru jelaskan yaaa





Apakah anak-anak sudah memahami materi yang ibu guru berikan? Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Yukk kita kerjakan soal dibawah ini


BAB 6 

Penjumlahan dan Pengurangan sampai dengan 20


Materi Pembelajaran : Mengenal Konsep Lebih dari, Kurang dari, dan Selisih

Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20

Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 2 angka


Dari banyak donat Ibu yang dipasangkan satu per satu dengan donat

Tika, terlihat bahwa

a. donat Ibu lebih banyak dari donat Tika;

b. donat Ibu 1 lebihnya dari donat Tika.


Tika, terlihat bahwa donat Tika lebih sedikit dari donat Ibu;






BAB 7 
MENGUKUR PANJANG BENDA 


A. Membandingkan dan Mengurutkan Panjang Benda 

 Mencuci Tangan Waktu istirahat telah tiba.
Para siswa akan memakan bekal mereka. 

Kira, Upe, Malosi, dan Wei segera berbaris. 
Mereka berdiri berjajar dengan tertib. 
Mereka menunggu giliran untuk mencuci tangan. 
Mereka mematuhi pesan dari Ibu Guru. 
Kita harus mencuci tangan sebelum makan














 Pensil hijau lebih pendek dari pensil merah. 
 Pensil merah lebih pendek dari pensil biru. 
 Pensil hijau lebih pendek dari pensil merah dan biru. 
 Pensil hijau paling pendek. 
 Pensil biru lebih panjang dari pensil hijau. 
 Pensil biru lebih panjang dari pensil merah. 
 Pensil biru lebih panjang dari pensil hijau dan merah. 
 Pensil biru paling panjang. 
 Kita dapat membandingkan panjang benda. 
 Kita menggunakan kata:

 • lebih panjang 
 • lebih pendek
 • paling panjang 
 • paling pendek

Kupu-Kupu Terbang 
 Di taman ada 3 kupu-kupu. 
 Kupu-kupu kuning, merah, dan hijau. 
 Kupu-kupu kuning terbang tinggi. 
 Kupu-kupu merah terbang lebih tinggi dari kupu-kupu kuning. 
 Kupu-kupu hijau terbang lebih tinggi dari kupu-kupu merah dan kupu-kupu kuning





 Berbarislah bersama 6 orang teman.
 Amati dan bandingkan tinggi badan kalian



Lalu, jawablah soal berikut :





B. Mengukur Panjang Benda

Malosi adalah siswa paling tinggi.
Menurut kalian, berapa kira-kira tinggi badan Malosi?

 Kita bisa mengukur tinggi badan Malosi. 
 Kita bisa mengukur panjang benda. 
 Kita bisa mengukurnya menggunakan benda di bawah.







Cara mengukur yang benar:
 1. Mulai dari ujung benda. 
 2. Alat ukur rapat. 
 3. Alat ukur tidak bertumpuk. 
 4. Alat ukur tidak miring. Panjang meja adalah 4 sedotan

Bagimana cara mengukur meja dengan jengkal tangan?
SOAL LATIHAN :




    BAB 8 : MENGENAL DIAGRAM

 Kira Membantu Paman 
 Kira pergi ke toko mainan Paman. 
 Kira ingin membantu Paman berjualan. 
 Sampai di toko mainan, Kira kaget. 
 Toko mainan Paman sangat berantakan. 
 Kira membantu Paman merapikan mainannya


A. Mengelompokkan Data 
 1. Daftar 
 Kira merapikan toko mainan. 
 Ini adalah toko yang sudah Kira rapikan.



 Mainan apa yang paling banyak?
 
 Apakah kalian lebih mudah menemukannya? Mengapa? 
 Pesawat, boneka, bola, dan mobil-mobilan adalah contoh data. 
 Data bisa dikelompokkan. 
 Data bisa ditulis dalam daftar. 
 Data menjadi mudah dibaca. 


 Bola yang paling banyak berwarna merah. 
 Banyaknya ada 7. 
 Bola yang paling sedikit berwarna kuning. 
 Banyaknya ada 4




2. Tabel 
 Upe mempunyai banyak bola. 
 Ada 7 bola merah, 4 bola kuning, dan 6 bola hijau. 
 Upe ingin menyajikan data bolanya dalam tabel.