Minggu, 13 April 2025

Materi Ajar, Senin 14 April 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Senin/ 14 April 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema: 7/ Aku Ingin
Materi Pembelajaran : 
Membedakan Keinginan dan Kebutuhan
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab




Capaian Pembelajaran (CP):

·       Menyimak

1.       Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. 

2.      Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

·       Membaca dan Memirsa

1.     Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 

2.       Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. 

3.    Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 

4.     Peserta didik mampu memaknai kosakata baru an/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

·       Berbicara dan Mempresentasikan

1.   Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 

2.     Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 

3.  Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. 

4.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

·       Menulis

1.     Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. 

2.       Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. 

       3.     Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat  
               sederhana



Tujuan Pembelajaran (TP) :

·       Menyimak 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang hidup hemat, peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang sering ditemui sehari-hari.

·       Membaca:

Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.

·       Menulis:

      Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:



“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”

 
BAB 7

AKU INGIN



SIAP-SIAP BELAJAR 

Kalian sudah siap belajar? 

Amati gambar di atas, ya. Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 

 1. Tempat apa yang kalian lihat dalam gambar? 
 2. Benda apa saja yang kalian lihat?
 3. Pernahkah kalian pergi ke tempat itu? 
 4. Apa yang kalian beli di sana?

PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anaknyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari inI?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Mata Pelajaran : Matematika

Hari/Tanggal : Senin/14 April 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema: 7/ Mengukur Panjang Benda
Materi Pembelajaran : 
Membandingkan dan Mengurutkan Panjang Benda



Capaian Pembelajaran (CP) :


Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.

Tujuan Pembelajaran (TP):

1.         Peserta didik dapat embandingkan panjang dari dua benda

2.         Peserta didik dapat mengurutkan benda berdasarkan panjang benda

3.         Peserta didik dapat mengestimasi panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku

4.      Peserta didik dapat mengukur panjang benda menggunakan objek lain dalam satuan tidak baku


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:



“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”

BAB 7 
MENGUKUR PANJANG BENDA 


A. Membandingkan dan Mengurutkan Panjang Benda 

 Mencuci Tangan Waktu istirahat telah tiba.
Para siswa akan memakan bekal mereka. 

Kira, Upe, Malosi, dan Wei segera berbaris. 
Mereka berdiri berjajar dengan tertib. 
Mereka menunggu giliran untuk mencuci tangan. 
Mereka mematuhi pesan dari Ibu Guru. 
Kita harus mencuci tangan sebelum makan






PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anaknyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila 

Hari/Tanggal : Senin/ 14 Maret 2025 

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:5/Aku Suka Bergotong-royong

Materi Pembelajaran : Aku suka bergotong royong 



Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerjw sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.
• Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.
• Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah..

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                        Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”

Aku cinta lingkungan sekitar

Mencintai lingkungan sekitar adalah sikap yang menunjukkan rasa sayang terhadap lingkungan hidup di sekitar. Sikap ini harus ditanamkan sejak dini agar menjadi kebiasaan.

Contoh prilaku yang menunjukkan mencintai lingkungan sekitar :

1. Membuang sampah pada tempatnya

2. Menanam pohon dan merawatnya dengan baik

3. Menghemat penggunaaan air

4. Menghemat penggunaan listrik

5. Tidak melakukan pembakaran

Gotong royong adalah budaya Indonesia, dengan bergotong royong pekerjaan jadi lebih cepat selesai, yuk kita simak foto dibawah ini contoh dari gotong royong 



PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Kesimpulan:
Alhamdulullah pembelajaran berjalan dengann baik dan lancar, dari 24 siswa hanya 3 yang masih perlu bumbingan personal dalam pembelajaran ini, dikarenakan masih belum lancar memahami soal-soalnyang di sajikan.