Minggu, 09 Februari 2025

Materi Ajar, Selasa 11 Februari 2025

Mata Pelajaran : Matematika                   

Hari/Tanggal : Selasa/11 Februari 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:5/Ayo Membilang sampai dengan 20

Materi Pembelajaran : Nilai Tempat

Capaian Pembelajaran (CP) : 
Pada akhir fase A, peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan  nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Tujuan Pembelajaran (TP) :
1. Menghitung banyaknya benda sampai dengan 20.
2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.
3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.
4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”

Minggu kemarin kita sudah belajar berhitung maju dan mundur, minggu ini kita belajar tentang  Nilai Tempat. 
Peserta didik mengamati gambar dan mendengarkan apa yang ibu guru jelaskan yaaa





Apakah anak-anak sudah memahami materi yang ibu guru berikan? Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Yukk kita kerjakan soal dibawah ini

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak anak bahagia belajar hari ini? 
Apakah anak anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
 
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Mata Pelajaran : Seni Rupa                   

Hari/Tanggal : Selasa/ 11 Februari 2025        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:6/Bentuk dalam Topeng

Materi Pembelajaran : Bentuk dalam Topeng

Capaian Pembelajaran (CP) :

1. Berpikir dan Bekerja Artistik

Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.

2. Menciptakan

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.


Tujuan Pembelajaran (TP) :


1. Siswa mengenal berbagai macam topeng dari Indonesia.
2.  Siswa mengenal konsep simetri.

3. Siswa menggunakan teknik lipat, gunting dan tempel untukmembuat topeng kertas


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selaludalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:

Radhitu billahi Rabbaawa bil Islami diinawa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma


D. BENTUK HURUF

Bentuk huruf beraneka ragam

Ada yang sisinya runcing

Ada yang sisinya tumpul

Ada yang bentuknya menyerupai hewan

Ada yang bentuknya mirip tumbuhan


Perhatikan bentuk huruf kapital di bawah ini !


Jenis huruf berbeda-beda

Jenis huruf yang berbeda

Bentuknya juga berbeda

Meskipun berbeda bentuk tepi huruf tetap dibaca sama.


Perhatikan jenis huruf pada gambar di atas.

Ada jenis huruf yang bentuknya tebal.

Ada pula jenis huruf yang bentuknya tipis.

Huruf dapat ditulis dalam berbagai bentuk.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari iniApakah anak-anaknyaman belajar hari iniApa yang telah kalian pelajari hari ini

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.

 

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaranTetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahuluTetap jaga kesehatanselalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Kesimpulan: 

KESIMPULAN 

Alhamdulillah hari ini pembelajaran berjalan dengan lancar. Seluruh peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 

Terdapat 1 dari 23 peserta didik yang masih dalam bimbingan guru saat mengerjakan evaluasi pembelajaran. Dengan bimbingan guru maka peserta didik tersebut dapat menyelesaikan evaluasi dengan baik.