Rabu, 15 Januari 2025

Materi Ajar, Kamis 16 Januari 2025

MATA PELAJARAN : P5

HARI/TANGGAL    : KAMIS, 16 JANUARI 2025 

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)



Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 


Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 dengan mengenal jenis-jenis meronce. Adapun jenis-jenis meronce adalah sebagai berikut: 

1. Meronce dari bahan alam. Bahan alam yang dimaksud adalah bahan yang diperoleh dari lingkungan alam sekitar secara langsung. Contohnya, janur, bunga segar, buah-buahan, bunga kering, dedaunan, ranting, atau biji-bijian.


2. Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.

3. Meronce dari bahan bekas. Bahan-bahan yang dapat digunakan seperti serutan kayu, gelas plastik, dan lainnya.



Berikutnya kita akan bahas tentang tahapan meronce.
1. Meronce berdasarkan warna 
2. Meronce berdasarkan bentuk 
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran

Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 

Terimakasih 

Wassalaamualaikum Wr Wb 

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia                    

Hari/Tanggal : Kamis/ 16 Januari 2025        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:5/Bunyi Apa?

Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman

Capaian Pembelajaran (CP) :

• Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu

memahami informasi dari media audio, teks aural (teksyang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan dirikeluarga, dan/ataulingkungan.

• Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalisehari-hari dengan fasih
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaandan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungannarasi imajinatif, dan puisi anak
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru an/ataukosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerahdari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa denganbantuan ilustrasi.
• Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentangberagam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentangsesuatumenjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasadengan baik dan santun dalam suatu percakapan
3. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuangambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isiinformasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakankembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengantopik dirikeluarga, dan/atau lingkungan.
• Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulispermulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melaluimedia digital. 
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik
3. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang dirikeluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimatsederhana.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi apapeserta didik membaca dan menulis suku kata yang diawalidengan huruf ‘m’

 

Tujuan Pembelajaran (TP) :

▪ Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentangsikap baik kepada temanpeserta didik dapatmengenali tanda titik pada akhir kalimat sertamembaca dan menulis kata-kata yang diawalidengan huruf ‘m’.

Membaca:

▪ Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada sukukata dan kata yang sering ditemui.

Menulis :

• Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. 


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selaludalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:

Radhitu billahi Rabbaawa bil Islami diinawa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma


MEMBACA 

Apakah kalian tahu nama-nama binatang dan benda di bawahini

Bacalah bersama guru. 

Dapatkah kalian melihat suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-’, ‘me-’, ‘mo-’? 

Tunjukkan kepada guru, ya




MENULIS

Apa suku kata yang hilang pada nama benda-benda iniya

Ayo, kalian lengkapi



PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari iniApakah anak-anaknyaman belajar hari iniApa yang telah kalian pelajari hari ini

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.

 

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaranTetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahuluTetap jaga kesehatanselalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb