Mata Pelajaran : Matematika
Hari/Tanggal : Senin, 11 November 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Mengenal Bentuk
Materi : Mendeskripsikan Benda Berdasarkan Bentuk
Capaian Pembelajaran (CP)
Pada akhir Fase A, peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak).
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Peserta didik dapat mendeskripsikan, mengelompokkan dan membedakan, mengenal dan memberi nama bangun datar sesuai dengan bentuknya yaitu segitiga, segiempat, dan bentuk lengkung.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik dapat mendeskripsikan benda berdasarkan bentuknya.
Peserta didik dapat mengelompokkan dan membedakan benda berbentuk bangun datar (Segitiga, segi empat, lingkaran)
Peserta didik dapat mengenal nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.
Peserta didik dapat memberi nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.
Peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna, dan ukurannya.
Peserta didik dapat menyusun bentuk bangun.
Peserta didik dapat mengurai bentuk bangun.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, materi yang akan kita bahas adalah tentang mengenal bentuk. Tujuannya yaitu supaya anak sholeh dan sholehah paham bentuk apa saja yang ada di sekitar kita
Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^
Oke, anak sholeh/ah ibu guru minggu lalu kita telah masuk ke materi mengenal bentuk benda, hari ini kita akan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, ukuran dan warnanya.
Berdasarkan ukuran
Setelah ibu guru jelaskan apakah anak sholeh/hah sudah paham???
Mari kita coba kerjakan latihan berikut ^_^
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Senin, 11 November 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan
Materi Pembelajaran : Ayo memperkenalkan diri
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.
A. Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..
B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)
1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.
C. Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik mampu:
1. Memperkenalkan diri sendiri dan teman
2. Menjelaskan keragaman di sekitarnya
3. Menjelaskan cara menghargai keragaman
4. Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari
Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”
Pembelajaran sebelumnya yaitu tentang keberagaman.
Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang cara menghargai keberagaman.
Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?
Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.
PENUTUP:
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb