Rabu, 09 Oktober 2024

Materi Ajar Kamis, 10 Oktober 2024

P5 dan Bahasa Indonesia

Hari / Tanggal                   :  Kamis/ 10 Oktober 2024

Kelas                                 :  1C

Mata Pelajaran                 :  P5

Aktivitas 11                  :  MEMBUAT ALAT TRANSPORTASI DARAT

Media                                 :  Video dan Praktek

  TP

Dengan mengangkat tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, Projek “Merancang Transportasi masa depan” ini bertujuan untuk membentuk siswa yang kreatif dan peka terhadap permasalahan transportasi di Indonesia. 

ATP: 
Tahap pertama dimulai dengan Aktivitas 1 yang berisi perkenalan pada teknologi transportasi, proses ini dilakukan dengan mengesplorasi jenis dan bentuk transportasi lintas zaman. Aktivitas selanjutnya adalah pembuatan game sederhana berupa game kartu permainan suara kendaraan dan kunjungan lapangan untuk melihat berbagai model transportasi secara nyata. Akhir paket ini siswa akan membuat sebuah boardgame (game papan) yang berisikan trivia transportasi secara umum. 

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI. 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^

Untuk Minggu ini, kita akan membuat alat transportasi darat.

Apakah anak-anak sudah siap?

Sebelum kita memulai aktivitas hari ini, silahkan anak-anak simak video di bawah ini ya!




Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Kamis/10 Oktober 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan.
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 
1. Bacalah lagi sebelum menuliskannya.
Ikuti guru membacanya.
2. Sekarang, dapatkah kalian menuliskannya?
3. Lalu, tuliskan suku kata ‘ku-’ dalam nama-nama binatang di
bawah ini.
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.