Materi Ajar P5 dan Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Kamis/ 3 Oktober 2024Hari/Tanggal : Kamis/03 Oktober 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema:3/ Ayo Bermain
Materi Pembelajaran : Awas Kuman
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang cara menjaga kebersihan diri, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’
Tujuan Pembelajaran (TP) :
1. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan terhadap teks “Awas Kuman!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menjelaskan simpulannya dengan benar.
2. Melalui kegiatan melengkapi kalimat sederhana dengan gambar atau kata, peserta didik mampu menggambarkan gagasan terkait ide pokok bacaan dengan baik.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
MENYIMAK CERITA
Amati gambar di atas, lalu jawab pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1. Apa yang kalian lihat pada gambar?
2. Dapatkah kalian melihat kuman pada gambar?
3. Apa yang terjadi pada kuman itu?
Diskusikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan guru ini.
Ingat, angkat tangan dulu sebelum berbicara.
1. Apa yang terjadi pada hidung Dilo saat ia pilek?
2. Apa yang terjadi saat Dilo bersin?
3. Apa yang teman Dilo lakukan terhadap apel yang akan
dimakannya?
4. Mengapa ia melakukannya?
5. Apa yang Bu Guru pakaikan ke wajah Dilo?
6. Mengapa Dilo harus memakainya saat pilek?