Rabu, 02 Oktober 2024

Materi Ajar Kamis, 03 Oktober 2024

Materi Ajar P5 dan Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Kamis/ 3 Oktober 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas : A/1                 
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Tema : Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI
Topik : Merancang Transportasi Masa Depan 

TP: 
Dengan mengangkat tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, Projek “Merancang Transportasi masa depan” ini bertujuan untuk membentuk siswa yang kreatif dan peka terhadap permasalahan transportasi di Indonesia. 

ATP: 
Tahap pertama dimulai dengan Aktivitas 1 yang berisi perkenalan pada teknologi transportasi, proses ini dilakukan dengan mengesplorasi jenis dan bentuk transportasi lintas zaman. Aktivitas selanjutnya adalah pembuatan game sederhana berupa game kartu permainan suara kendaraan dan kunjungan lapangan untuk melihat berbagai model transportasi secara nyata. Akhir paket ini siswa akan membuat sebuah boardgame (game papan) yang berisikan trivia transportasi secara umum. 

Assalamualaikum anak sholih/ah..        
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..

Hari ini kita akan belajar tentang P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”

Halo anak-anak sholeh dan sholehah sebelum memulai masuk kemateri pembelajaran ibu guru ada sedikit pertanyaan.

Minggu kemarin kita sudah memperlajari tentang macam-macam transportasi tradisional dan rambu lalu lintas.
Alhamdulillah anak sholeh sholeha sudah memahami dengan sangat baik.

Hari ini silahkan anak-anak sholeh sholehah membuat mewarnai Rambu lalu lintas. Ditempelkan dan di beri nama masing-masing anak-anak diharapkan membawa : 

1. Kardus bekas
2. Gunting
3. Dobel tape
4. Krayon/pensil warna 
Untuk membuat rambu-rambu lalu lintas yang kalian mengerti 





Hari/Tanggal : Kamis/03 Oktober 2024  

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:3/ Ayo Bermain

Materi Pembelajaran : Awas Kuman

Capaian Pembelajaran (CP) :

Menyimak

1.      Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.

2.       Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu  memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa

1.   Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.

2.   Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

3.   Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Berbicara dan Mempresentasikan

1.   Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2.    Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan

Menulis

1.   Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2.    Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

            Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan  dengan beberapa kalimat sederhana.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang cara menjaga kebersihan diri, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’

Tujuan Pembelajaran (TP) :

1.    Melalui kegiatan menjawab pertanyaan terhadap teks “Awas Kuman!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menjelaskan simpulannya dengan benar.

2. Melalui kegiatan melengkapi kalimat sederhana dengan gambar atau kata, peserta didik mampu menggambarkan gagasan terkait ide pokok bacaan dengan baik.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

MENYIMAK CERITA

   

Amati gambar di atas, lalu jawab pertanyaan-pertanyaan

berikut.

1. Apa yang kalian lihat pada gambar?

2. Dapatkah kalian melihat kuman pada gambar?

3. Apa yang terjadi pada kuman itu?





        

Diskusikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan guru ini.

Ingat, angkat tangan dulu sebelum berbicara.

1. Apa yang terjadi pada hidung Dilo saat ia pilek?

2. Apa yang terjadi saat Dilo bersin?

3. Apa yang teman Dilo lakukan terhadap apel yang akan

dimakannya?

4. Mengapa ia melakukannya?

5. Apa yang Bu Guru pakaikan ke wajah Dilo?

6. Mengapa Dilo harus memakainya saat pilek?

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Kesimpulan: Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan tertib, dalam pembelajaran P5 anak-anak sudah paham tentang rambu lalu lintas dan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia hanya 3 anak yang belum paham tentang penyebab penyakit karena kuman.