Materi Ajar Bahasa Indonesia, Matematika dan Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Senin/ 23 September 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi Pembelajaran :Mengamati Teks dan Gambar Pada Cerita
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda Tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan.
Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
fahma.”
Amati gambar ini dengan cermat, ya.
Setelah mengamati gambar, diskusikan jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan guru dan temanteman.
1. Tempat apa yang kalian lihat dalam gambar?
2. Kegiatan apa yang tidak boleh kalian tiru? Mengapa?
3. Di mana tempat bermain yang aman?
4. Adakah tempat bermain yang aman di dekat rumah
kalian? Disebut apakah tempat itu?
Amati dulu gambar ini sebelum menjawab pertanyaan guru
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru ini dengan jelas.
1. Ada berapa anak pada gambar di atas?
2. Dari kedua anak pada gambar itu, yang manakah Caca?
3. Menurutmu, apa yang bisa dilakukan Caca?
4. Apa isi ceritanya, ya?
MENYIMAK
Simak cerita ini dengan saksama.
Lalu, ikuti guru membaca ceritanya.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran dikelas 1C hari ini berjalan dengan lancar dan tertib.
Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 5 dari 25 siswa belum bisa mengerjakan soal dengan tepat.
Pada mata pelajaran matematika 4 siswa yang belum tepat dalam berthitung penjumlahan.
Dan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila 6 dari 25 anak yang belum bisa membedakan peraturan dirumah dan disekolah.