Hari/Tanggal : Senin, 02 September 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Bahasa Indonesia
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan menulis
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda Tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
MENIRUKAN DAN MELAKUKAN
Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
BERBICARA
Setelah membaca kalimat di atas, jawablah pertanyaanpertanyaan
guru dengan jelas dan sopan.
1. Mana perbuatan yang tidak boleh dilakukan? Mengapa?
2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan? Mengapa?
Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
Matematika
Hari/Tanggal : Senin/ 02 September 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 2/Penjumlahan Sampai dengan 10
Materi Pembelajaran : Soal Cerita Penjumlahan
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan konsep penjumlahan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau manipulatif lainnya.
Peserta didik mampu menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah penjumlahan dengan benar.
Peserta didik mampu menggunakan berbagai strategi penjumlahan (menghitung maju, pasangan bilangan (number bond), penjumlahan ganda, penjumlahan yang hasilnya 10) dengan tepat.
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan dengan satu langkah penyelesaian.
Perhatikan soal diatas dan penjelasan ibu gurunyaa anak-anak...
Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan tugas dibawah ini....
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama :
Kelas :
Petunjuk!
Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Senin/ 02 September 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 2/ Aku anak yang patuh aturan
Materi Pembelajaran : Aturan dirumah dan disekolah
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Peserta didik mampu Menjelaskan makna aturan.
2. Peserta didik mampu Menjelaskan aturan di rumah, di sekolah dan lingkungan sekitar.
Hallo anak sholeh dan Sholeha perhatikan contoh pertaruan dirumah ini yaa🥰
Jika sudah paham silahkan mengerjakan soal dibawah ini:
KESIMPULAN
Alhamdulillah anak-anak hari ini bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan tertib, dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia hanya 2 siswa dari 24 siswa yang belum mengerti perbedaan tanda tanya dan seru, dalam mata pelajaran Matematika Alhamdulillah seluruh siswa 1C sudah bisa menghitung penjumlahan dengan tepat dan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila hampir semua anak sudah bisa menyebutkan contoh aturan yang ada dirumah.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb