Senin, 05 Agustus 2024

Materi Ajar Seni Rupa dan Matematika, Selasa 06 Agustus 2024

Hari/Tanggal : Selasa, 06 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Mata Pelajaran: Seni Rupa dan Matematika

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Seni Rupa
BAB/Tema : 1/Garis yang Menunjukkan Gerakan
Materi Pembelajaran : Garis yang Menunjukkan Gerakan

Capaian Pembelajaran (CP) :
Mengalami
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.
Menciptakan
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Siswa mampu merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
Siswa mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.
Siswa untuk menelusuri garis yang ada pada gambar -gambar pada materi dibawah ini:
1. Garis yang Menunjukkan Gerakan
Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan.
Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. 

Garis seperti apa yang kamu rasakan?
Sekarang pejamkan matamu. 

Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. 
Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. 
Garis seperti apa yang kamu dapatkan?

Gambar Rambut Bergelombang :
Adalah rambut yang memiliki pola rambut berombak, tidak lurus dan tidak keriting

Gambar Lengkung Ombak :

Gambar Asap

Gambar Gerakan Ombak

Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Apa pengertian garis yang menunjukkan gerakan?
2. Sebutkan contoh garis yang menunjukkan gerakan!
3. Gambarkan contoh garis yang menunjukkan gerakan? 
4. Garis apakah yang kamu temukan di sekitarmu?
5. Gambarkan lengkung ombak!


MATEMATIKA

BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Menghitung maju dan mundur
Materi Pembelajaran : Menghitung maju dan mundur bilangan
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, pseerta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu kumpulan, peserta didik dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10. 
Memahami urutan bilangan 1 - 10

Diminggu kemarin kita sudah belajar tentang membandingkan, maka di minggu ini kita akan belajar tentang materi menghitung maju dan menghitung mundur, yukkk kita belajar bersama.....




 Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....




PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

KESIMPULAN
Alhamdulillah Pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar🥰
Anak-anak kelas 1c beberapa sudah ada yang bisa mengurutkan dan menuliskan bilangan 1-10 dalam pembelajaran matematika, dan sudah memahami tentang garis yang menunjukan gerakan dalam pembelajaran seni rupa.
Semoga kedepan nya anak-anak lebih paham lagi dan mengerti aamiin🥰