Senin, 26 Agustus 2024

Materi Ajar Selasa, 27 Agsutus 2024

Mata Pelajaran: Matematika dan Seni Rupa
Hari/Tanggal : Selasa/27  Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun. 
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.” 
Matematika
BAB/Tema : 2/Penjumlahan Sampai dengan 10
Materi Pembelajaran : Berbagai Cara Melakukan Penjumlahan

Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan konsep penjumlahan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau manipulatif lainnya.
Peserta didik mampu menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah penjumlahan dengan benar.
Peserta didik mampu menggunakan berbagai strategi penjumlahan (menghitung maju, pasangan bilangan (number bond), penjumlahan ganda, penjumlahan yang hasilnya 10) dengan tepat.
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan dengan satu langkah penyelesaian.


Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan tugas dibawah ini....
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama :
Kelas :
Petunjuk!
Hari/Tanggal : Selasa/ 27 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 1/Aneka Garis
Materi Pembelajaran : Aneka Garis

Capaian Pembelajaran (CP) :
Menciptakan
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan warna.

Merefleksikan
Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari

Tujuan Pembelajaran (TP) :
Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis garis, pada gambar ataupun pada benda-benda di sekitarnya.
Siswa dapat menggambar sebuah pohon dengan menggunakan beberapa macam garis.
Siswa membandingkan dan mengambil kesimpulan tentang arti garis tipis dan garis tebal yang   
ditemukan pada pohon.

1. Aneka Garis 
Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.
Ada beberapa macam garis.
Ada garis lurus.
Ada garis lengkung.
Contoh :



Garis Lurus :

Garis lurus adalah garis yang menghubungkan dua titik pada suatu bidang dan memanjang hingga tak terhingga pada kedua arahnya.

Garis Lengkung :

Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok 

Garis Horizontal :
Garis Horizontal adalah merupakan garis lurus yang memanjang dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Garis Vertikal :
Garisvertikal adalah garis yang kita gambar dari atas ke bawah

Garis Diagonal :
Garis diagonal adalah garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan.

Garis Kurva :
Garis kurva adalah garis yang adalah garis bengkok. Kurva dibuat apabila terjadi penyimpangan pada suatu garis lurus.

Garis Gelombang :

Garis gelombang adalah garis yang melengkung secara bergantian ke arah yang berlawanan.

Lalu siswa menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Apa itu garis horizontal?
2. Gambar gunung termasuk contoh gambar yang berbentuk garis ?
3. Garis lurus disebut juga garis?
4. Garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan disebut garis ?
5. Gambarkanlah garis lengkung!

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb