Rabu, 07 Agustus 2024

Materi Ajar P5 dan Bahasa Indonesia, Kamis 08 Agustus 2024

Hari/Tanggal : Kamis, 08 Agustus 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

Mata Pelajaran: P5 dan Bahasa Indonesia

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                              
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Mata Pelajaran : Materi Ajar P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Hari/Tanggal : Kamis/08 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                    
Fase/Kelas : A/1                 
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Tema : Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI
Topik : Merancang Transportasi Masa Depan 

TP
Dengan mengangkat tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, Projek “Merancang Transportasi masa depan” ini bertujuan untuk membentuk siswa yang kreatif dan peka terhadap permasalahan transportasi di Indonesia. 

ATP
Tahap pertama dimulai dengan Aktivitas 1 yang berisi perkenalan pada teknologi transportasi, proses ini dilakukan dengan mengesplorasi jenis dan bentuk transportasi lintas zaman. Aktivitas selanjutnya adalah pembuatan game sederhana berupa game kartu permainan suara kendaraan dan kunjungan lapangan untuk melihat berbagai model transportasi secara nyata. Akhir paket ini siswa akan membuat sebuah boardgame (game papan) yang berisikan trivia transportasi secara umum. 
Halo anak-anak sholeh dan sholehah sebelum memulai masuk kemateri pembelajaran ibu guru ada sedikit pertanyaan.

Minggu kemarin kita sudah memperlajari tentang macam-macam transportasi darat, air dan udara.
Alhamdulillah anak sholeh sholeha sudah memahami dengan sangat baik dan bisa membedakan transportasi darat, air dan udara.

Hari ini silahkan anak-anak Ibu guru mewarnai transportasi udara dengan rapih ya naak..

PESAWAT

HELIKOPTER


Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Kamis/08 Agustus 2024
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra 
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis 

Capaian Pembelajaran (CP) : 

Menyimak : 
Peserta didik mampumemahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa :
1. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
2. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan atau kosa kata Bahasa Indonesia serapan dari Bahasa Daerah dari teka yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Menulis:
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar diatas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri

Menyimak :

Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta  didik  dapat  menemukan,  menyimpulkan  informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

Membaca dan Mengamati :

    Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat     menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

MENYIMAK

Simaklah, lalu ikuti guru membacanya.

MENULIS

Kalian akan berlatih menulis. Peganglah pensil dengan benar. Saat menulis, duduk yang tegak.

Sekarang, tuliskan huruf awal nama binatang-binatang ini. Guru akan membimbing kalian.



MEMBACA

Membaca Kartu Kata

1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.

2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’?




PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

KESIMPULAN
Alhamdulillah  pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Kelas 1Cmempelajari Bahasa Indonesia tentang suku kata yang berawalan dari Ba, Bi, Bu dan Bo.

Dan dalam pembelajaran P5 anak-anak sudah semalin paham tentang perkembangan transportasi yang ada didarat, lau dan udara, hari ini anak-anak bisa mengerjakan tugas mewarnai dengan rapih dan selesai.