Materi Ajar: Bahasa Indonesia dan P5
Hari/Tanggal: Kamis, 22 Agutus 2024
Fase/Kelas : A/1C
Assalamualaikumanaksholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..
Hari ini kita akan belajar tentang P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).
Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”
Bahasa Indonesia:
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak :
Peserta didik mampumemahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa :
1. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
2. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan atau kosa kata Bahasa Indonesia serapan dari Bahasa Daerah dari teka yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Menulis:
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar diatas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri
Menyimak :
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Membaca dan Mengamati :
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Hari ini kita akan mengadakan sumatif harian yaa anak-anak, berikut kisi-kisi soalnya:
Silahkan dipelajari, semoga Allah mudahkan dalam mengerjakan soal sumatif nyaa💖 aamiin
P5
TEMA : Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI
TOPIK : Merancang Transportasi Masa Depan
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Minggu kemarin kita sudah membahas alat transportasi darat, udara dan laut.
Pada pertemuan ini kita akan membuat puzzle alat transportasi.
Ibu guru akan memberikan sebuah gambar.
Guntinglah gambar tersebut sesuai dengan pola yang ada.
Lalu susunlah gambar yang sudah kalian gunting membentuk gambar alat transportasi.
Bagaimana kegiatan kita hari ini? Menyenangkan bukan?
Ibu guru harap kalian semakin paham dengan alat transportasi, sehingga kalian bisa merancang alat transportasi di masa yang akan datang.
Sekian, materi hari ini..
Ibu guru akhiri, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh...
Kesimpulan:
Alhamdulillah anak-anak sudah bisa mengukuti sumatif harian Bahasa Indonesia dengan baik, dan bisa membuat puzzle transportasi🥰