HARI/TANGGAL : Kamis, 2 Mei 2024
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
Assalaamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat🥰💪🏻
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa.
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu Aksi ke 5 meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik
🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.
Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan. Oleh karena itu peserta diharapkan dapan menyiapkan bahan2 di bawah ini:
Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut:
1. Manik2
2. Benang atau senar
3. Gunting
Simak video berikut ini : https://youtu.be/L4Dxj1Dqibs?si=H_0wtjuUBITSqOyg
Pelaksanaan:
- Pendidik memperagakan cara meronce menggunakan manik manik
- Peserta didik diminta untuk memperhatikan pendidik
- Peserta didik dipersilahkan meronce menggunakan manik manik bentuk kalung
- Pendidik memonitoring peserta didik dalam proses meronce menggunakan manik-manik
- Pendidik mengevaluasi dan merefleksi hasil kerajinan peserta didik
- Pendidik mengamati proses dari suatu sikap pada dimensi yang diambil yaitu (Keeatif, Mandiri, Bernalar kritis)
Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.
Terimakasih
Wassalaamualaikum Wr Wb