Minggu, 01 Oktober 2023

Materi Ajar Bahasa Indonesia, Senin 02 Oktober 2023

Hari/Tanggal : Senin/02 Oktober 2023 

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):


Membaca dan Memirsa:
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan.
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 

Simak cerita ini dengan saksama.
Lalu, ikuti guru membaca ceritanya.
1. Bagaimana cara Caca dapat naik sepeda roda dua? 
Gambarkan caranya di buku tulis kalian.
2. Menulis Nama Teman
isa! | SD Kelas I
Ayo, membaca setiap hari.
Temukan buku Kring! Kring! di:
https://literacycloud.org/stories/346-kring-kring/
Ibu selalu terlambat menjemput Momo ke sekolah.
Agar tidak terlambat, Ibu mau belajar mengendarai sepeda.
Berhasilkah Ibu?
Mintalah ayah, ibu, atau kakak untuk membacakan ceritanya. 
Setelah mendengarkan ceritanya, isilah Jurnal Membaca yang 
tersedia. 
Mintalah ayah, ibu, atau kakak untuk mengisi judul, nama 
penulis, dan ilustrator bukunya.

Bisakah kalian membaca kata-kata di bawah ini?
Ikuti guru membacanya, ya
Hore!
Bab 2 sudah selesai.
Apa yang sudah kalian pelajari?
Isi dengan tanda centang, ya.
Guru akan membantu kalian

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.