Hari/Tanggal : Selasa, 19 September 2023 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema : Bermain dan Bernyanyi Materi Pembelajaran : Tepuk Tangan dan Entakan Kaki
CP :
Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.
Tujuan Pembelajaran :
| ||
Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
ATP :
1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu.
Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.
Tujuan Pembelajaran:
| ||
Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang musik dan berlajar bernyanyi dengan tepuk tangan dan entakan kaki
Kita sering bertepuk dan entakan kaki saat sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irwma atau ritme musik
A. Ketukan dalam Musik
Dalam irama musik, kita mendengar ketukan.
Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.
Contoh ketukan berulang dan teratur, seperti dengut jantung, tetesan air, dan detak arloji atau jam dinding.
Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.
Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.
Jika digambarkan seperti ini :
Lambat Sedang Cepat
Contoh lagu:
Contoh lagu tempo lambat : Bagimu Negeri
Contoh lagu tempo sedang : Kalau Kau Suka Hati
Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman